manfaat sampah organik dan non organik

Manusia melakukan aktivitas untuk kelangsungan hidupnya. Makan, minum, mencuci, bekerja merupakan beberapa contoh aktivitas. Setiap aktivitas manusia akan menghasilkan sisa-sisa tertentu. Sampah adalah sisa-sisa aktivitas manusia dan alam yang belum memiliki nilai ekonomis. Sampah perlu dikelola secara mandiri / secara individu supaya tidak mencemari lingkungan.

Sampah jika dibiarkan saja akan mengganggu kebersihan lingkungan secara umum. Sampah dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1. Sampah Padat (Anorganik)

Sampah anorganik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan anorganik. Contoh bahan-bahan anorganik adalah bahan logam, plastik, kaca, karet, dan kaleng. Sifat sampah anorganik adalah tahan lama dan sukar membusuk.

Sampah ini tidak mudah diuraikan oleh mikroorganisme tanah. Apabila dibuang sembarangan, sampah anorganik dapat menimbulkan pencemaran tanah. sampah non organik bisa kita manfaatkan untuk bbm (solar dari sampah ) , briket sampah, batako dari sampah, hebel dari sampah, plastik dari sampah bisa di manfaatkan untuk campuran aspal , genteng dari sampah, sampah non organik misal besi bisa kita lebur kembali ,kaca bisa kita lebur kembali menjadi barang misal gelas, piring, lampu dll, sampah elektronik bisa kita ambil emas yang ada di komponen elektronik tersebut , botol plastik bisa di manfaatkan untuk pembuatan vas bunga, tas dari sampah , dompet dari sampah, sabuk dari sampah,ecobrick dll.

2. Sampah Basah (Organik)

Sampah organik adalah sampah yang terdiri atas bahan-bahan organik. Sifat sampah organik adalah tidak tahan lama dan cepat membusuk. Biasanya sampah jenis ini berasal dari makhluk hidup. Contohnya adalah sayur-sayuran, buah-buah yang membusuk, sisa nasi, daun, dan sebagainya.

Sampah organik mudah diuraikan mikroorganisme tanah. Hanya saja jenis sampah akan menimbulkan bau kurang sedap jika tidak dikelola dengan baik. sampah organik bisa di kelola menjadi pupuk kompos, bisa di manfaatkan untuk pakan manggot , manggot kita kelola untuk pakan ternak misal ayam , ikan atau kita manfaatkan untuk campuran tambahan pembuatan pelet ikan , sampah cair bisa di manfaatkan untuk pupuk cair untuk tumbuhan yang mana harus di fermentasikan dahulu supaya tumbuhan tersebut tidak mati. sampah organik bisa di manfaatkan untuk biogas(untuk memasak )

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*