Penanaman Pohon di Jalingkut Brebes

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun 2021 dan atas petunjuk Ibu Bupati, bahwa Dinas Lingkungan Hidup mengadakan kegiatan penghijauan dengan tema “GERPAPINAM” yaitu Gerakan Pemuda-Pemudi Menanam. di hadiri oleh Ibu Bupati Brebes, Ibu Hj. Idza Priyanti, SE. MH. beserta suami selaku ketua DEKRANASDA AKBP Doctor Hj. Warsidin SH. MH.; Wakil Bupati Brebes, Bapak Narjo SH. MH.; ketua DPRD Kabupaten, Brebes Bapak Mokhamad Taufiq, S.Sn. Dandim 0713, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan;  Kapolres Brebes, Bapak Faisal Febrianto, S.I.K., M.Si.; kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Brebes, Mernawati, SH. MH.; Kepala Sekda Kabupaten Brebes, Ir. Djoko Gunawan, MT.; kepala OPD Se-Kabupaten Brebes atau yang mewakili; Muspika Kecamatan Brebes; Bapak/Ibu peserta apel penghijauan baik dari TNI, POLRES, POLRI, PNS, ORMAS KEPEMUDAAN.

Adapun kegiatannya sebagai berikut:

  1. Pada hari ini akan ditanam 1.000 pohon di area jalingkut yang kurang lebih 17 km, dimana yang 5 km sudah tertanam pohon mahoni yang dilakukan oleh PT. ADIKARYA JALINGKUT dan yang 12 km hari ini kita lakukan penanaman dengan jenis pohon mahoni dan trembesi.
  2. Agenda berikutnya akan dilaksanakan dibeberapa titik penanaman, yaitu:
  3. Jalur Kantor Pelayanan Terpadu (KPT)
  4. Jalur dari kantor terpadu sampai jalingkut 2 km.
  5. kebutuhan tanaman 2 km (2.000 m : 6 m)

= 330 pohon trembesi, menyesuaikan pohon yang sudah di tanam Dinas Pekerjaan Umum sebelumnya.

  • Jalur Limbangan sampai Randusanga
  • Jalur limbangan ke Randusangan kurang lebih 5 km. sementara dari limbangan ke jembatan Sigempol 3 km sudah tertanam pohon ketapang;
  • Jalur dari jembatan Sigempol sampai Pantai.
  • Jalur Prapag Kidul
  • Jalur dari Balai Desa sampai Bakau kurang lebih 2 km;
  • Kebutuhan tanaman 1 km ( 1.000 m : 6 m)

= 160 batang pohon trembesi

  • Kebutuhan tanaman 1 km ( 1.000 m : 6 m)

=160 batang pohon cemara laut

  • Jalur Wisata Pantai Randusanga Indah
  • Jalur dari jembatan Sigempol sampai pintu masuk Obyek Wisata pantai Randusanga indah kurang lebih 3 km, sedangkan yang bisa ditanam pohon kurang lebih jaraknya 2 km ( 2.000 m : 6 m)

=330 batang pohon ketapang

  • Jalur dari wisata Par-in barat sampai timur kurang lebih 5 km, yang sudah ditanam dari ujung barat ke ujung timur 1,5 km
  • Kebutuhan tanaman 3,5 km (3.500 m : 6 m)

=580 pohon cemara laut.

Perlu kami informasikan, bahwa hasil kerja sama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes dengan Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan Provinsi Jawa Tengah telah dilakukan penanaman sejumlah 2.500 pohon yang terdiri dari: pohon jati, sengon, ketapang, glodogan. Yang telah ditanam bersamaan dengan kunjungan kerja Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Sehingga dapat diakumula sikan jumlah total penanaman pohon sampai dengan hari ini ada 5.000 pohon yang ditanam.

Demikian laporan yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*